Tuesday, May 28, 2013

Membuat Cap Stempel dengan Illustrator

Tutorial ini cukup mudah dengan langkah-langkah yang cukup sederhana. Dibuat dengan menggunakan Illustrator CS5, Sahabat pasti bisa membuatnya dan bisa aplikasikan ini untuk apa saja.

Langkah 1

Buat 2 lingkaran menggunakan Ellipse Tool dengan ukuran lingkaran besar 250px x250 px, lingkaran kecil 175px x 175px dan persegi panjang menggunakan Rectangle Tooldengan ukuran 200px x 5px.

Langkah 2

Seleksi semuanya lalu pada panel atas pilih Align to Selection. Tekan Icon Horizontal Align Center dan Vertical Align Center
Hasilnya akan tampak seperti ini

Langkah 3

Seleksi lingkaran kecil dan persegi panjang, pada panel Pathfinder tekan Minus Front. Perintah ini berfungsi untuk menghilangkan objek yang berada didepan. Dalam hal ini Persegi Panjang berada didepan lingkaran.

Langkah 4

Kembali seleksi semuanya, lalu tekan panah pada panel brush. Setelah itu tekan Brush Libraries Menu > Artistic > Artistic_ChalkCharcoalPencil

Langkah 5

Pilih brush Charcoal-Soft (Sahabat Genie bisa pilih brush lain yang lebih cocok dengan selera) dan set Stroke diangka 0.75 pt.

Langkah 6

Set warna C=15, M=100, Y=90, K=10

Langkah 7

Ketikkan tulisan yang diinginkan dan pilih font My Underwood (Sahabat Genie bisa unduhdisini). Set ukuran font 40 pt  dan rubah tracking menjadi 200.

Langkah 8

Buat satu lingkaran lagi (ukuran bebas) dan tekan Type Tool pada panel dan pilih Type on Path Tool, lalu ketikkan teks yang diinginkan.

Langkah 9

Atur besar lingkaran dan ukuran font menjadi 31 pt.

Langkah 10

Tekan Ctrl+C untuk Copy dan Ctrl+F untuk Paste in Front, lalu putar 90°.

Langkah 11

Lakukan flip text dengan cara menggeser penanda tengah, pada gambar terletak di atas huruf Y.

Langkah 12

Samakan besar font sebelumnya yaitu 31 pt dan atur besar lingkaran agar posisi pas.
 

Langkah 13

ketikkan teks yang diingkan.

Langkah 13

rubah warna menjadi merah, bisa gunakan Eyedropper Tool atau Swatch Panel. Tambahkan elemen lingkaran di sebelum dan sesudah teks LULUS.

Langkah 14

Selesai! juga bisa variasikan dengan warna lain.

No comments:

Post a Comment

TV ONE